Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Kamis, 08 November 2012

Diantara 2 pilihan (Luk 14: 23-24)

Khotbah 04-11-2012

Dalam menjalani hidup kita menghadapi pilihan. Dalam gerak hidup kita selalu mengandung pilihan.

  1. Ayat 15-16: perumpamaan tentang kebangkitan dan kemuliaan surgawi yang akan datang,Yesus datang kembali untuk menjemput umat Tuhan. Kelak nanti Yesus datang kedua kali mengadakan perjamuan, maka saat ini kita diundang untuk mempersiapkan diri menyambut undangan perjamuan besar tersebut.
  2. Ayat 17-20: ayat ini menjelaskan berbagai macam alasan. Ini berbicara mengenai orang Kristen yang menggunakan banyak alasan dan mengabaikan undangan Tuhan. Alasan mereka seperti itu  ada sebabnya karena rohnya mati/padam. Banyak orang Kristen menolak undangan karena kekristenannya sudah dingin. Sebab pusat hidup mereka bukanlah perkara-perkara surga namun lebih ke perkara dunia. Ketika gairah kita ke gereja sudah berkurang, gairah berdoa kurang, gairah membaca firman Tuhan berkurang, berarti roh kita sudah dingin. Apakah kita sudah siap ketika Yesus datang, apakah kita yakin diangkat bersama-bersama Yesus. Penderitaan yang paling malang adalah ketika kita tertinggal pada saat Yesus datang kedua kali mengangkat umatNya ke surga. Sia-sialah kita punya seisi dunia ini klo akhirnya kita tidak terangkat ke surga.
  3. Ayat 21-24: orang yang tetap giat bertekun dalam doa, persekutuan, ibadah, baca firman adalah orang yang sudah masuk (ayat 22) namun masih ada tempat. Menggambarkan bahwa sedikit orang yang setia pada kesudahan sehingga tempatnya masih belum penuh.
Mari persiapkan hidup kita menyambut kedatangan Tuhan Yesus menjemput kita. Kita memilih untuk menjadi orang yang menerima undangan Tuhan.

Pdt. Beatrix VM Saragih, M.Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar