Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Senin, 03 Desember 2012

Pentingnya berdoa (Lukas 5: 16)

Khotbah 251112

Keberhasilan kita sangat ditentukan oleh penyertaan Tuhan dalam hidup ini. Ayat ini adalah kisah Yesus di tengah-tengah melayani masyarakat, Yesus tetap berdoa. Mengapa doa penting? Yesus memberi contoh bahwa Yesus menekankan kedudukan doa dalam pelayanan Yesus. Bahwa doa itu merupakan hal yang penting dalam perjalanan di dunia melakukan kehendak Bapa. Makanya doa sangat penting bagi Yesus, doa adalah sesuatu yang sangat Yesus butuhkan. Karena kalau tidak berdoa tidak bisa melakukan kehendak Bapa. Mengapa Yesus ke tempat sunyi? Karena kalau ramai sering kali menggangu konsentrasi berdoa. Carilah waktu yang sunyi untuk kita berdoa. Sebagai pengikut Yesus taruhlah doa menjadi hal yang penting dalam hidup kita, cari waktu yang tepat dan sunyi untuk kita berdoa.


Kisah ini juga berbicara mengenai pentingnya doa pribadi. Yesus berdoa sendirian. Jadi penting doa pribadi, menjalani doa pribadi dengan Tuhan. Doa prbadi membuat kita semakin dekat dengan Tuhan. Bangun pagi-pagi jalinlah hubungan dengan Tuhan.
Ketika orang lain sedang berdoa pun jangan kita mengganggu konsentrasinya, karena orang yang berdoa sedang berjumpa dengan Raja diatas segala Raja.

Kisah ini juga menunjukan ke tempat yang sepi untuk berdoa dengan sungguh-sungguh. Carilah waktu yang tepat untuk kita dapat berdoa dengan sungguh. Jangan berdoa disisa waktu kita karena tinggal capeknya, tapi sisihkan waktu untuk berdoa kepada Tuhan. Kalau mau sisihkan waktu untuk Tuhan, maka kita harus merelakan waktu-waktu nyaman kita. Orang yang berdoa banyak tuaian, tidak berdoa tidak akan ada tuaian. Ketika berdoa satu tujuan yang ada dalam pikiran kita hanya untuk menyenangkan hati Tuhan.

Yesus juga berdoa untuk orang lain. Ketika kita berdoa jangan egois untuk kepentingan diri sendiri, hanya minta untuk diri sendiri. Jangan jadi orang krsiten yang egois. Tapi mari kita contoh Yesus yang diatas kayu salib berdoa untuk orang lain.

Alasan lain pentingnya berdoa bagi Yesus, setelah bangkit pun Yesus tetap berdoa, firman Tuhan katakan datanglah kepadaku yang letih lesu dan berbeban berat, letih  lesu ada di otak/pikiran. Kita letih karena memikirkan hal-hal yang kita inginkan dan belum tercapai. Yang harus kita lakukan hanyalah berdoa, bergantung total pada Tuhan dan bekerja dengan sungguh, memaksimalkan potensi yang Tuhan berikan, berserah kepada Tuhan. 

Pdt. Beatrix VMS. M. Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar