Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Jumat, 15 Februari 2013

Doa adalah bagian yang terpenting (Matius 7:7-11)



Khotbah 03-02-2013

Rumusan berdoa adalah meminta pada Tuhan. Ketika Tuhan ditempatkan di atas segalanya, masalah akan menjadi lebih ringan. Dari jenis berdoa, dapat diketahui seberapa jauh kita mengenal Tuhan.

Tuhan mau kita fokus berdoa pada kebutuhan bukan kepada keinginan. Kalau kita kenal siapa Tuhan ktia maka doa kita bukan untuk memuaskan keinginan. Tuhan tidak buta. Tuhan tau dan sangat mengenal hidup kita.
 
Kita harus menyadari bahwa tanpa Tuhan tidak ada yang dapat diraih dalam hidup ini. Jangan mencurigai Tuhan tidak memelihara hidup kita. Kalau kita masih berdoa utk makan minum maka kita belum mengenal Tuhan dengan benar. 


Mari rubah cara doa kita.
  1. Ayat 7: Mintalah berarti berdoa dengan rendah hati. Kita harus sangat sadar bahwa kita butuh dan perlu Tuhan makanya kita berdoa. Carilah berarti berjuang. Berjuang dalam berdoa, berjuang dalam beribadah, berjuang dalam merenungkan firman. Apapun yang terjadi dalam hidup ini Tuhan tidak pernah salah. Ketoklah berarti sabar, berjuang butuh kesabaran dalam segala hal. Butuh proses tidak instan.
  2.  Ayat 9-11: manusia saja tau yang terbaik untuk manusia, sesuatu yang bermanfaat dan berguna, apalagi Tuhan. Tuhan tau apa yang kita butuhkan dan Dia pasti kasih yang terbaik. Terkadang konsep berdoa kita yang masih salah, masih kurang percaya Tuhan pasti kasih yang terbaik. Masih sering meragukan Tuhan. Kita sering berdoa untuk kebutuhan jasmani bukan kebutuhan rohani. Berdoalah minta semakin dekat dengan Tuhan, semakin mengenal Tuhan.

Pdt. Beatrix VM Saragih, M.Th

1 komentar:

  1. Ijin share website seri komik Alkitab anak online:

    http://www.biblejunior.com

    BalasHapus