Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Rabu, 25 September 2013

Bergantung kepada Tuhan (Maz 34: 2. Kis 16: )

Khotbah 15-09-2013

Aku hendak memuji TUHAN pada segala waktu; puji-pujian kepada-Nya tetap di dalam mulutku. Memuji Tuhan dalam setiap saat itu penting. Itu tanda bahwa kita bergantung kepada Tuhan. 

Orang yang bergantung pada Tuhan adalah orang yang:

  1. Mau akrab dengan Tuhan. Akrab dengan Tuhan maka jam doa kita akan lebih dari setengah jam. Orang yang berdoa cepat kepada Tuhan karena dia belum akrab dengan Tuhan. Orang yang bergantung kepada Tuhan akan mengatakan Yesus Engkau yang berarti bagiku. Apapun masalah kita kuncinya bergantung pada Tuhan yang membuat kita peka atas apapun yang terjadi dalam hidup kita. Orang yang akrab akan berdoa Tuhan kalau ada masalah aku percaya Tuhan yang ijinkan ketika Tuhan ijinkan aku percaya bahwa Tuhan juga sudah siapkan jalan keluar bagiku. Entah lama atau cepat yahg penting waktu Tuhan pasti akan datang menolong. Bukan sebaliknya. 
  2.  Punya hati yang rela untuk dikoreksi Tuhan. Orang yang mau menerima dan mau menyadarai kekurangan-kekurangannya. Semakin kita akrab dengan Tuhan semakin Tuhan tunjukan kelemahan kita. Orang yang belum mengetahui kekurangannya berarti dalam doanya dia belum berdoa akrab dengan Tuhan, namun hanya sekedar meminta saja bukan menjalin keakraban dengan Tuhan. Dalam hidup ini kita harus mau dikoreksi oleh Tuhan sehingga karakter kita akan semakin indah dihadapanNya. Orang yang mau dengar firman Tuhan adalah orang yang mau dikoreksi. Ketika masalah berat dihadapi mulutnya tidak memperkatakan kutuk namun iman kita yang akan berkata Engkaulah kekuatanku Tuhan.
  3.  Rela diperbaiki oleh Tuhan. Hal yang tepat untuk memperbaiki kita melalui masalah. Lewat masalah maka kita tidak akan lagi menjadi orang yang sombong. Lewat masalah kita akan belajar untuk lebih baik lagi. Keluarga, Pekerjaan, Pelayanan kita harus rela diperbaiki oleh Tuhan. Perbaikan karakter juga didapati melalui orang-orang yang kita jumpai. Rela diperbaiki akan mebuat kita dipulihkan.
  4.  Pada akhirnya kita akan diberkati Tuhan. Ketika kita dekat dengan Tuhan, rela dikoreksi dan diperbaiki maka berkat Tuhan akan tercurah, kita akan dipromosikan Tuhan.
 Pdt. Beatrix VM Saragih

1 komentar:

  1. Punya hati yang rela dikoreksi Tuhan..... !!! , Pada Akhirnya kita akan diberkati Tuhan.... Amien

    BalasHapus