Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Kamis, 05 September 2013

Jangan melupakan Tuhan (Maz 103: 1-5)

Khotbah 01-09-2013


Daud melakukan hal yang jahat terhadap panglimanya. Namun hati Daud tetap menyenangkan Tuhan. Memang Daud menerima ganjaran dari perbuatannya, dan Daud tetap mengasihi Tuhan, dan Tuhan juga mengasihi Daud. Diantara ketiga Raja (Salomo, Saul dan Daud), Daud sangat dikasihi Tuhan karena Daud sangat  mencintai firman Tuhan, Daud senang memuji Tuhan.

Kenapa  Daud mengatakan jangan lupakan Tuhan karena:

  1. Ayat 3: Tuhanlah yang mengampuni kesalahan dan yang menyembuhkan segala penyakit. kita harus ingat bhw kalau bukan Tuhan yang mengampuni dosa kita maka dalam dunia ini tidak ada satupun manusia yang dapat mengampuni. Sudah sepantasnyalah kita tidak melupakan Tuhan karena Dia yang mengampuni kita. Bagaimana kita  tidak melupakan Tuhan maka setiap detik nafas hidup kita harus selalu sadar bahwa Tuhanlah yang mengampuni. Sehebat-hebatnya kita dalam dunia ini namun kalau dosanya tidak diampuni maka sia-sialah semua. Hanya Tuhanlah yang sanggup dan dapat mengampun kita. Di setiap nafas hidup kita kita harus ingat Tuhan. Orang  yang sakit jiwa tidak mengenal Tuhan. Selalu ingatlah Tuhan untuk kita tidak gila menghadapi dunia ini. Peristiwa orang gila di Geraza, iblis takut karena Yesus dan murid-muridNya punya kuasa dan iblis minta pindah ke babi.
  2. Ayat 4: Tuhan yang menebus kita, Tuhan yang mengangkat kita. Karena Tuhanlah yang membuat kita berharga, tidak ada manusia yang akan membuat kita berharga. Manusia di bumi tidak bisa menghargai kita apa adanya, hanya Tuhanlah yang menerima kita apa adanya. Baik buruknya kita hanya Tuhan yang menerima kita apa adanya. Bapa di surga menerima hidup kita. Jangan lupakan Tuhan karena Tuhanlah yang membuat kita berharga. Tidak hanya dengan menerima kita namun Tuhan juga menyertai kita dalam hidup ini. Hanya Tuhan yang setia mendampingi kita. Hanya Tuhan yang setia mendengar doa kita. Ketika kita berdosa, kita datang pada Tuhan, Tuhan masih mau menerima kita. Beda dengan manusia, manusia sulit menerima kita. Setiap hal-hal yang buruk dalam kita maka Tuhan akan menata hidup kita kembali. Kita adalah buatan tangan Tuhan, maka Tuhan tidak akan pernah meninggalkan perbuatan tanganNya. Manusia gampang berubah setia, namun Tuhan tidak. Maka jangan pernah melupakan Tuhan. Tuhan tetap setia saat kita tidak setia. Tuhan adalah pribadi yang setia.
  3. Ayat 5: Tuhan adalah sumber kebaikan. Kalau kita mau baik hidup ini, masa depan yang baik, jangan lupakan Tuhan. Burung rajawali adalah burung yang kuat menghadapi badai. Terbang tinggi menghadapi badai. Orang yang selalu ingat Tuhan, dia akan kuat menghadapi apapun. Ketika menghadapi masalah ingat Tuhan, maka kebaikan Tuhanlah yang akan menolong, menguatkan, memampukan kita. Mau keluarga yang baik, pekerjaan yang baik, masa depan yang baik. Datanglah selalu kepada Tuhan yang adalah sumber kebaikan. Wajah kita akan terlhat baik ketika kita dekat dengan Tuhan.
Orang yang tidak pernah melupakan Tuhan adalah orang yang selalu mengucap syukur. Dalam hidup ini semua kebaikan yang kita terima berasal dari Tuhan. Semua yang dari Tuhan pasti mendatangkan kebaikan. Untuk itu jangan pernah melupakan Tuhan!!

Pdt. Beatrix VM Saragih, M.Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar