Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Jumat, 15 Juni 2012

Yesus Jawaban (Yoh 7: 37-44)

Khotbah 10-06-2012

Ada banyak perkara dalam hidup ini kita tidak pahami, dan belum kita temukan jawabannya. Yesuslah jawaban atas segalanya.

1.     Ayat 37: maksudnya ayat ini belum tercukupinya kebutuhan rohani. Dalam hidup ini ada jasmani dan rohani. Kalau jasmani minum air, kalau rohani hanya bisa dipuaskan dengan kebenaran firman Tuhan. Rasa haus akan selalu terjadi, jika tidak terpuaskan akan membuat frustasi dan lemah. Masih ada beberapa hal dalam diri kita belum tertata dengan baik sehingga membuat haus secara rohani. Kebutuhan rohani yang mendasar untuk terpuaskan  maka dibutuhkan kebenaran abadi  yang membawa pada kekekalan. Kalau kita sudah mendapati kelegaan secara rohani maka seseorang dapat menjalani hidup dengan kelegaan dalam Tuhan. Sungguh malang jika kita haus akan dunia ini yang membuat frustasi karena tidak akan pernah menemukan kelegaan. Renungkan firman Tuhan siang dan malam untuk memenuhi kehausan rohani dan jasmani.

2.     Ayat 38-39: setiap orang percaya yang datang pada Yesus atau yang mempercayaiNya sebagi Tuhan dan juruselamat maka akan ada aliran-aliran air hidup. Aliran ini yang membuat kita lega. Tidak akan pernah kita alami kekeringan rohani ketika kita mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan. Terkadang kita hanya percaya namun tidak mengakui Dialah Tuhan yang mengatur hidup kita. Berpaculah dan kuatkan diri kita untuk berseru kepdada Yesus. Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap kekuatanmu artinya kita harus berusaha keras mencari dan berseru kepada Tuhan. Pacu rohani kita untuk mengasihi Tuhan, melayani, berseru, taat dan setia.
3.     Ayat 40-44: dalam kehidupan kita harus menyadari bahwa mengasihi Yesus dalam hidup ini maka akan ada banyak pendapat tentang kita, baik negatif maupun positif. Apapun pendapat orang , kita hidup bukan karena perkataan orang tapi oleh firman Tuhan yang hidup. Jalani hidup ini dalam kebenaran Firman Tuhan. Sering kita lemah karena perkataan orang tapi bangkitkan iman dengan percaya kepada kebenaran firman Tuhan.

Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar