Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Rabu, 18 Juli 2012

Kehendak Allah (Yak 4:13-17)

Khotbah 15-07-2012

Tuhan menjawab dan dan bukan saja memberi apa yang kita butuhkan tapi Tuhan menjawab lebih dari apa yang kita doakan (Efesus  3: 20 --> Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan…) tetapi sesuai dengan kehendak Tuhan. Tuhan jawab doa dan sediakan apa yang kita butuhkan tapi yang sesuai dengan kehendakNya. Yesus memberi contoh dalam hidupNya dengan berdoa sesuai dengan kehendak Allah Bapa (Doa Bapa Kami). Guru doa kita adalah Yesus. Yesus berdoa pagi-pagi, malam haripun Dia berdoa, bahkan sampai akhir hidupNya Dia tetap berdoa. Yesus memberi contoh karena doa adalah sikap bergantung kepada Allah Bapa. Berdoa sesuai dengan kehendah Allah Bapa.


Apa itu berdoa sesuai kehendak Tuhan:
1. Yang pertama: kehendak Tuhan itu kita nyatakan dalam doa-doa kita. Doa penting karena kita ini adalah pribadi-pribadi yang tidak maha tau dan tidak maha bisa, maka kita perlu berdoa dalam perjalanan hidup ini karena Tuhan bisa segalaNya. Ketika kita berdoa katakan jadilah kehendakMu supaya apa yang terjadi dalam hidup kita selalu ada dalam kontrol Tuhan. Jadilah kehendakMu artinya kita percaya kepada Tuhan.
2. Yang kedua: kita tidak boleh jemu-jemu dalam berdoa, kita tidak boleh putus dalam doa, karena ketika kehendak Tuhan terjadi dalam doa kita maka waktu Tuhanlah yang terjadi dalam hidup kita, bukan waktu kita. Untuk menantikan kehendak Tuhan, Tuhan punya waktuNya sendiri untuk menyatakan kehendakNya. Banyak orang kecewa kaerna doanya tidak dijawab. Tuhan mau kita tetap berdoa dengan tidak jemu-jemu. Jangan pernah putus asa.
3. Yang ketiga: karena kita ini harus selalu mempertimbangkan Tuhan dalam segala keputusan-keputusan kita. Minta Tuhan terlibat dan mengambil keputusan dalam doa-doa kita. Tuhan yang memutuskan apa yang terjadi dalam doa-doa kita. Kita rela Tuhan yang putuskan mana yang terbaik dalam kita.

Lakukan tiga hal ini untuk kita semakin hari semakin mengenal Tuhan dan kehendakNya.

Pdt. Beatrix VMS, M, Th



Tidak ada komentar:

Posting Komentar