Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Jumat, 14 September 2012

Menjadi yang terbaik (Daniel 1:1-9)

Khotbah 09-09-2012

Tidak dapat kita pungkiri dalam hidup ini ketika kita melakukan yang terbaik maka Tuhan akan mempromosikan kita. Tuhan akan promosikan kita ketika kita melakukan yang terbaik. Daniel dan teman-temannya bekerja dalam lingkungan orang-orang yang tidak mengenal Allah, namun mereka adalah orang-orang yang berprestasi diatas orang yang tidak mengenal Allah. Ini yang harus kita renungkan bahwa baik dimanapun kita berada, mari jadi yang terbaik. Mari kita pelajari rahasia Daniel:


  1. Ayat 4: mereka adalah orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, yakni orang-orang yang cakap untuk bekerja. Dan mereka adalah orang yang mau diajar. Untuk memberikan yang terbaik kita harus belajar dan mau memberi diri diajar.
  2. Ayat 5: Daniel orang yang mau di didik selama 3 tahun. Orang yang rendah hati. Ketika kita tidak mau di didik kita tidak pernah akan bisa menjadi yang terbaik.
  3. Ayat 8: Daniel orang yang berintegritas. Daniel tidak mau ikut-ikutan dengan dengan lain. Daniel punya prinsip. Daniel minta kepada pemimpin untuk tidak menajiskan diri. Kita pun harus menjadi orang yang berintegritas, tidak ikut-ikutan org yang melakukan hal yang tidak baik.
  4. Ayat 9: Allah mengaruniakan kepada Daniel  kasih dan sayang  pemimpin pegawai istana. Pemimpin pegawai istana tersebut segan kepada Daniel. Orang tidak akan segan kepada kita ketika kita sedikit-sedikit terpengaruh. Jadilah orang yang disegani membawa dampak baik bagi orang sekitar.
  5. Ayat 17: Allah memberikan pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat, sedang Daniel juga mempunyai pengertian tentang berbagai-bagai penglihatan dan mimpi. Ketika kita mau memberi yang terbaik maka Allah akan memperlengkapi kita. Allah yang akan mempromosikan kita.
Pdt. Beatrix VMS, M. Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar