Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Kamis, 27 September 2012

Membuat Keputusan yang Tepat (Maz 121: 1-2)

Khotbah 23-09-2012

Ini kisah dimana Daud sedang dalam kedukaan. Dalam keadaan berduka maka Tuhan membuat Daud menuliskan mazmur ini. Dalam keadaan bingung dan tidak menentu Daud menulis mazmur ini. Siapapun kita adalah orang-orang yang membutuhkan pertolongan, termasuk orang yang punya segalanya.  Pemazmur ini mengingatkan kita bahwa setiap kita pasti membutuhkan pertolongan.
Daud adalah Raja yang hebat dipakai Tuhan secara jasmani, dia raja yang diurapi, namun Daud tau dia menghadapi masalah yang berat dan membutuhkan pertolongan. Proses kehidupan kita tidak selalu tenang, apapun yang menguntungkan dalam hidup ini tidak selalu menenangkan hidup kita, bisa terkadang membingungkan.

Ini mengajarkan supaya kita tidak berpegang pada apa yang kita miliki, tapi berpeganglah pada Tuhan. Dalam setiap masalah kita diuji akan pengenalan kepada firman Tuhan.


Apa yang harus kita putuskan tepat dalam kesukaran hidup kita:

  1. Ayat 1: kita harus menyadari bahwa kita membutuhkan pertolongan. Manusia tidak dapat menjadi jaminan pertolongan kita, Tuhanlah yang menjadi satu-satunya pertolongan kita. Kalupun ada kesulitan janganlah membuat kita menjadi orang-orang yang menyerah, tetaplah berjalan bersama Tuhan, berserulah kepada Tuhan, nanti-nantikan Tuhan sambil menunggu jawabanNya.
  2. Ayat 2: Daud sangat menyadari bahwa dia harus mengandalkan Tuhan dalam  segala persoalan hidup, bahkan Tuhan sanggup mengubah dukacita menjadi sukacita. Karena ketika melakukan firman Tuhan, maka itu butuh pertolongan dan kuasa Tuhan dalam hidup ini. Kita tidak akan bisa mengucap syukur saat-saat sukar dengan kekuatan sendiri, namun dengan pertolongan Tuhan, kuasa Roh Kudus yang akan memampukan kita. Tuhan punya banyak cara untuk menunjukan pertolonganNya bagi kita, hanya yang menentukan adalah hati kita yang mengandalkan Tuhan.
Pdt. Beatrix VM Saragih, M.Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar