Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Rabu, 29 Februari 2012

Keberhasilan Hidup (Daniel 2: 17-18)

Khotbah 13-02-2011

Kita akan belajar apa rahasia Daniel menjadi pribadi yang sangat bijaksana dan Tuhan berkehendak atasnya dan menjadi pribadi yang berhasil.
  1. Ayat 17-18: Daniel bergaul dengan orang-orang yang bijaksana. Untuk mendukung keberhasilan kita dibutuhkan pergaulan yang bijaksana, teman-teman yang bijaksana. Teman-teman yang bijaksana adalah teman-teman yang tau mengartikan segala sesuatu dengan caranya Tuhan.
  2. Ayat 19: Daniel selalu memuji Tuhan. Dalam hidup kita harus memuji Tuhan, yang bukan berarti hanya bernyanyi bagi Tuhan, tapi selalu bersyukur kepada Tuhan.
  3. Ayat 20: Daniel membutuhkan hikmat dan kekuatan dari Tuhan. Orang yang berhasil membutuhkan hikmat Tuhan untuk mengetahui maksud Tuhan dalam hidup kita. Tanpa hikmat Tuhan kita tidak akan bisa mengerti rencana Tuhan dalam hidup kita. Dan tanpa kekuatan dari Tuhan kita akan lemah, tawar hati, kecut hati dalam menghadapai masalah, dan akan membuat kita kalah. Tapi dengan kekuatan Tuhan kita akan kuat menghadapi apapun dalam hidup kita dan kita akan berhasil dalam Tuhan.
  4. Ayat 21: Tuhan mempunyai hak mutlak dalam kehidupan ini, Tuhan yang mengangkat dan menurunkan, Tuhan yang mengubah saat dan waktu. Tuhan yang berdaulat atas hidup kita. Selama ada waktu abdikan hidupmu untuk Tuhan.
  5. Ayat 22: Daniel menyadari bahwa Tuhan tahu segala sesuatu. Ketika kita punya masalah dan pergumulan mari kita datang kepada alamat yang tepat, yaitu Yesus Kristus yang mengetahui segala sesuatu. Tidak usah bertanya-tanya kenapa saya begini, mungkin saya begini. Datanglah kepada Tuhan Yesus karena Dia tau bagaimana menghadapai segala masalah.
  6. Ayat 23: Daniel adalah orang yang mau bersyukur atas segala kasih karunia Tuhan dalam hidup kita. Kita harus selalu bersyukur karena kita menyadari bahwa kasih karunia Tuhan begitu besar dalam hidup kita. Jangan bersungut tapi bersyukur.
  7. Ayat 28: Daniel sungguh percaya bahwa apapun dari Tuhan. Dalam hidup ini segala sesuatu yang membuat kita berhasil hanya karena campur tangan Tuhan. Talenta, kepintaran, kecakapan yang kita miliki tidak akan ada apa-apanya tanpa Tuhan. Surga perlu campur tangan supaya kita berhasil.                                                  
 Pdt. Beatrix VMS, M, Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar