Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Rabu, 29 Februari 2012

Ketertarikan Tuhan akan Daud


Apa yang membuat Tuhan tertarik kepada Daud. Kunci dalam hidup ini jika Roh Tuhan hidup dalam kita, maka kita akn menjadi pemenang. Mengapa Tuhan tertarik akan Daud karena Roh Tuhan tinggal dalam hidup Daud. Terkadang yang menarik perhatian manusia ternyata tidak menarik perhatian Tuhan. Karena apa yang dilihat oleh mata manusia biasanya bisa menipu, tapi Tuhan melihat kedalaman hati seseorang.

Mari kita pelajari apa yang membuat Tuhan tertarik pada Daud:

  1. Ayat 7: Tuhan bukan mencari orang yang berkarisma (berdasarkan penampilan/perawakan, ayat 7a) tapi Tuhan mencari orang yang berkarakter (Ayat 7b). Baiklah kita menjadi orang-orang yang berkarakter memuliakan Tuhan. Ketika hati kita benar dan sesuai kebenaran Tuhan, kita akan menjadi pemenang bersama Tuhan. Ketika karakter kita mau dibentuk oleh Tuhan maka kita akan menjadi pemenang.

  1. Ayat 12: Daud penampilannya tidak gagah namun matanya indah dan parasnya elok, matanya membawa sukacita, mukanya membawa damai sejahtera. Hati Daud sangat baik dan selalu memuji Tuhan sehingga terpancar di mukanya. Daud adalah orang yang mau terus memuji dan  menyenangkan hati Tuhan. Ketika hati kita baik dan indah maka akan terpancar di wajah kita. Tuhan juga memilih Daud karena Daud bukannya mampu tapi Daud mau. Biasanya orang yang mampu tidak mau dibentuk. Tapi orang yang mau, dia akan rela dibentuk oleh Tuhan tanpa memberikan banyak alasan.

  1. Ayat 12b: Daud adalah orang yang mau di pimpin oleh Tuhan, urapan Tuhan turun atas Daud. 2 Tim 1: 7 à Ketika Daud menghadapi Goliat, dia tidak takut, karena dia datang dalam nama Tuhan. Ketika kita menghadapi hidup ini apakah kita takut atau kita mau terus yakin akan penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Ketika kita hidup benar dan di dalam Tuhan. Banyak pelayanan bukan berarti kita kuat dalam Roh, namun yang membuat kita kuat adalah hubungan intim kita dengan Tuhan, jangan pernah menolak doa, karena doa adalah ketergantungan kita dengan Tuhan.

  1. Ayat 13: Daud disertai oleh Tuhan dalam sepanjang hidupnya. Daud memiliki kekutan Roh. Kita boleh pintar, kuat, gagah namun kalau tidak ada Roh Tuhan yang menyertai kita, kita akan ketakutan/kuatir. 1 Yoh 4: 4 Roh yang ada dalam kita lebih besar daripada roh yang ada dalam dunia ini. Miliki kekuatan Roh dalam hidup kita.
Pdt. Beatrix VMS, M. Th 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar