Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Kamis, 22 Maret 2012

Bagi Tuhan Tak Ada yang Sukar (Yoh 21: 1-6)

Khotbah 18-03-2012

Setiap yang dilakukan Yesus mempunyai maksud dan tujuan. Di danau Tiberias ada murid-murid yang mau menjala ikan. Sudah semalaman mereka menjala ikan namun tidak satupun mereka mendapatkan ikan. Peristiwa ini terjadi setelah kebangkitan Yesus. Disaat Petrus dan para murid sedang menjala ikan Yesus memperhatikan mereka. Ada beebrapa hal yg menarik dari pelajaran ini:


1.    Ayat 1: Yesus menampakkan diri artinya Yesus menunjukkan, membuktikan bahwa Dia adalah kebangkitan dan hidup. Dia meneguhkan iman para murid, Dia menunjukkan bahwa Dia bangkit memberikan pengharapan, kalau Yesus tidak hidup maka pengharapan sia-sia, namun karena Dia hidup pengharapan kita selalu ada. Saudara yang sedih, putus asa, berharaplah kepada Yesus yang berkuasa.

2.    Ayat 3: Semalam-malaman murid berjerih lelah tapi tidak ada hasil, mereka menemukan masalah. Pekerjaan tanpa campur tangan Yesus maka akan sia sia. Ketika Tuhan Yesus terlibat dalam hidup kita maka tidak ada yang sukar untuk kita hadapi.
3.    Ayat 4-5: Yesus menyapa murid-murid namun murid-murid tidak sadar kalau Yesus yang menyapa. Sering kali dalam hidup, kita tidak menyadari kehadiran dan sapaan Yesus. Sadarilah bahwa Yesus memperhatikan apa yang kita alami, Yesus tidak pernah membiarkan kita bergumul sendiri. Ada banyak kita larut dalam masalah sehingga tidak menyadari sapaan Tuhan.
4.    Ayat 6: murid-murid nurut dengan perintah Yesus walau mereka belum mengenal itu Tuhan. Dalam kita menunggu jawaban kita harus tetap nurut sama perintah Tuhan, tetap melakukan Firman Tuhan. Harus ada kerjasama antara kita dengan Tuhan karena kita adalah kawan sekerja Allah. Tebarkan jala artinya berusaha, ada usaha. Tebarkan jalan ke kanan mengandung arti Tuhan memberikan tuntunan, arahan kepada murid-murid. Kita perlu tuntunan Tuhan dalam pekerjaan dan usaha, maka Tuhan akan membuat kita berhasil. Ada banyak kita tidak mau bekerjasama dengan Tuhan sehingga merasa berat sendiri menanggung masalah. Tebarkan jalan juga berarti Tuhan tidak pernah terlambat menolong kita. Yesus datang ketika melihat murid ada masalah, Yesus datang tepat pada waktunya.

Mari jalani hidup dengan mempunyai tujuan tertinggi yaitu memuliakan Tuhan, melakukan FirmanNya, menuruti perintahNya dalam setiap gerak langkah hidup kita sehingga kita akan melihat perkara-perkara yang ajaib yang Tuhan lakukan dalam hidup kita sebab bagi Tuhan tak ada yang sukar.

Pdt. Beatrix VMS, M, Th


Tidak ada komentar:

Posting Komentar