Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Jumat, 02 Maret 2012

Siapkan Diri (Lukas 1: 25-38 )

Khotbah 18-12-2011

Pemilihan Maria sebagai Ibu Yesus oleh Allah adalah keputusan yang tepat. Kita tahu bahwa Allah tidak memilih sembarang orang.  Ada beberapa hal yang menarik dari pribadi Maria:

1.      Ay 29-34: Maria sebagai manusia juga mengalami kebingungan, bagaimana mungkin mengandung tanpa suami, namun semua dia renungkan dalam hati. Maria tidak mau berbantah-bantah, responnya tepat saat Malaikat menyampaikan pesan Allah kepadanya. Sebaiknya kita pun mencontoh pribadi Maria, ketika ada masalah, ada pergumulan, ada sesuatu yang membingungkan, sebaiknya kita simpan dalam hati, bukan sebaliknya berkata-kata dengan emosi. Sebaiknya kita bertanya pada Tuhan dalam hati memohon hikmat Tuhan.

2.      Ay 35: Malaikat meneguhkan iman Maria. Tuhan meresponi pertanyaan Maria bahwa Roh Kudus akan turun atasnya dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungnya sebab itu anak yang akan Maria lahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Percayalah bahwa ketika kita meminta pimpinan Tuhan, Dia Allah yang setia yang akan memberiakn pimpinanNya.
3.      Ay 36-37: Kembali malaikat meneguhkan iman Maria, melalui kesaksian saudaranya Elzabet, yang mandul namun karena kuasa Allah dia pun bisa mengandung. Sebab Allah sanggup membuat yang tidaj mungkin menjadi mungkin. Tuhan sanggup melakukan perkara-perkara yang ajaib diluar rancangan dan pikiran kita.
4.      Ay 38: Maria taat, menyebut dirinya hamba Tuhan, siap menanggung dan menghadapi resiko sebagai Ibunya Yesus. Dalam hidup semua pasti ada resiko tinggal kita memilih mau libatkan Tuhan dan tunduk pada firman Tuhan atau sebaliknya.

Hadapilah hidup ini dengan melibatkan Tuhan.Tidak ada yang sukar jika Tuhan campur tangan dalam kita. 
Pdt. Beatrix VMS, M, Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar