Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Jumat, 02 Maret 2012

Kuat dalam Kelemahan (2 Kor 12: 9-10)


Khotbah 29-01-2012

Sebab jika aku lemah, maka aku kuat ….. hal ini yang dikatakan oleh Paulus. Bagaimana caranya orang yang lemah justru dikatakan kuat? Mari kita simak tulisan Paulus kepada jemaat di Korintus, yang menjadi berkat bagi kita. Setiap orang pasti pernah lemah, namun ketika kita merasa kuat dan mampu menolong diri sendiri, malah membuat kita semakin terpuruk. Namun setiap kita yang lemah yang menyertakan Tuhan, bersandar penuh pada Tuhan, maka kekuatan Tuhan berikan bagi kita yang lemah.

Pada saat kita rendah hati mengakui membutuhkan kehadiran Tuhan, kasih dan pertolonganNya akan kita rasakan. Pada saat kita angkat tangan, Tuhan turun tangan.


2 hal yang perlu kita pelajari bagaimana saat kita lemah dapat menjadi kuat :
1.    Ay 9 : Semakin besar kelemahan dan pencobaan karena Kristus, maka semakin besar kasih karunia yang Tuhan berikan untuk melaksanakan kehendakNya. Selama kita mendekatkan diri pada Kristus, maka Kristus akan mengaruniakan kekuatan Surgawi pada diri kita. Banyak hal dalam hidup kita yang kita minta sama Tuhan dan mungkin belum dijawab-jawab oleh Tuhan, jangan putus asa, justru harus membuat kita semakin dekat kepadaNya untuk diberikan hikmat mengerti rencanaNya yang indah.
2.    Ay 10: Pergumulan, rintangan, masalah, tantangan, kesesakan yang harus kita hadapi sekarang ini, haruslah kita tetap bersukur dan kagum melihat nilai-nilai kekal dalam kelemahan kita. Jika kita bersyukur maka kuasa Kristus  ada bersama kita. Mari nikmati kuasa dan kekuatan Tuhan Yesus dalam kita menjalani hidup ini. Percayalah Dia Allah yang setia, selalu menyertai kita.

Pdt. Beatrix VMS, M, Th



Tidak ada komentar:

Posting Komentar