Gembala Sidang

Gembala Sidang: Pdt. Beatrix VM Saragih, M. Th

Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna (Matius 5:48)

Minggu, 04 Maret 2012

Bijak (Yoh 11: 1-16)

Khotbah 26-02-2012

Maria, Martha, Lazarus adalah orang yang cinta Tuhan dan melayani Tuhan. Ketiga orang ini adalah orang yang sunguh-sungguh dalam Tuhan. Namun mereka tetap harus menghadapi masalah. Mengapa? Ada banyak hal yang kita pelajari bukan dari sekolah atau buku, ada banyak dari pengalaman hidup terjadi diluar pengetahuan/pemikiran kita. Hanya orang yang bijak dapat mengantisipasi hidup ini. Untuk menjadi bijak, mari kita pelajari firman Tuhan ini:


  1. Ayat 1-4: ketiga orang ini adalah cinta Tuhan namun tidak lepas dari penderitaan. Ketika kita melakukan sesuatu untuk Tuhan bukan berarti lepas dari masalah. Tapi tentu saja kita ada bedanya dengan orang yang tidak mengenal Tuhan. Perbedaan orang yang cinta Tuhan kalau ada masalah yaitu mereka datang kepada Tuhan (ayat 3b). Ada banyak orang yang mengalami masalah datang kepada manusia bukan kepada Tuhan, karena dia tidak mengenal Yesus. Maria dan Martha datang kepada alamat yang tepat. Dalam keadaan bermasalah kita diuji bagaimana pengenalan kita akan Tuhan. Apapun masalah kita jadilah bijak, jaga kualitas iman supaya Yesus respond kepada kita.
  2. Ayat 5: Yesus mengasihi mereka karena mereka mempunyai kualitas dalam berTuhan. Kita harus mempunyai kualitas iman yang luarbiasa pada Tuhan. Kita harus punya hubungan yang erat dengan Tuhan, itulah yang mendatangkan sukacita dan ucapan syukur dalam menghadapi hidup ini. Bergaul dengan Tuhan supaya kita peka dan tau apa yang akan terjadi akan masa depan kita. Tuhan yang akan memberikan hikmat kepada kita.
  3. Ayat 6: Yesus sengaja berlama-lama belum menjawab permintaan Maria dan Martha. Dalam perjalanan hidup ini banyak hal yang tidak langsung kita menerima jawaban. Karena bisa membuat kita tidak dibentuk dan menjadi sombong. Yesus punya waktu sendiri, punya waktu yang tepat untuk menolong kita. Bukan waktu kita tapi waktu Tuhan. Tuhan menjawab doa sesuai kedaulatan Tuhan.

Pdt. Beatrix VMS, M, Th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar